Senggol dikit “Joss” perihnya…


Assalammualaikum wr wb

Malem dear….

Udah beberapa hari ini makan terganggu dan jadi males ngomong…hiks hiks…

Bukan karena patah hati ato ditinggal pergi (#hadeeh…) wkwkwk….tapi lebih menyakitkan dari itu. Kesenggol dikit hadooooh rasanya pengen “bunuh”  orang, bukan hiperbola…tapi sangking perih dan sakitnya… 😦 ni sariawan ga sembuh-sembuh udah 4 hari masih subur2 aja, padahal udah di paksa makan sambel sama minum vit.c, dilihat2 kok jadi lebih melebar beberapa milimeter dari awal yang hanya seukuran ujung pena. Mau diliatin ke dokter yang jaga tadi pagi agaknya malu…hehe…

Malem-malem jalan ke indomaret beli albothyl untung indomaret cuma sejengkal dari kosan. Abis beli ni obat kok ragu ya makenya, kalo  di RS ada pasien yang sariawan paling semangat ngolesin ni obat dan kasih motivasi kalo perihnya sesaat doank, eh pas giliran diri sendiri mau nyobain… Malah parno sendiri antara niat sama enggak,wkwkwkw…

Dengan motivasi pengen sembuh supaya bebas makan sambel hehe, akhirnya diolesin juga ni obat dan rasanya 😦 senggol titik jossss!!!! perihnyaaaaaa…. alhasil sariawan pun yang udah warnanya putih bertambah putihlah doi…diemin kira2 30 menit, dilihat2 doi masih tetep sama pas disenggol2 udah ga perih lagi 😀 senangnya, hihihi.. tau begini pake ini obat aja dari awal, wkwkwk….tapi ulkus nya masih ada, mudah2an ilang beberapa hari kedepan….

Beginilah dear kalo mengabaikan hal yang kecil, asupan vit. c untuk tubuh sangat penting, karena vitamin tidak dihasilkan dari tubuh tetapi diperoleh dari asupan makanan seperti sayur2an dan buah-buahan…

Yuk intip dikit tentang sariawan…

Sariawan (istilah medisnya stomatitis aphtosa)merupakan penyakit pada selaput lendir mulut berupa luka pada mulut yang berbentuk bercak berwarna putih kekuningan  dengan tekstur permukaan agak cekung. Penyakit ini paling sering ditemukan dari berbagai penyakit mulut dan menimbulkan rasa nyeri yang sangat.

Penyebab sariawan pendapat terkuat adalah autoimun karena dua faktor utama

1. Faktor Lokal

Misalnya kebersihan mulut, adanya tambalan gigi yang tajam, ada sisa akar gigi, penggunaan kawat gigi maupun penggunaan gigi palsu yang kurang baik.

2. Faktor Sistemik

Misalnya kesehatan tubuh secara umum yaitu ada penyakit yang menadasari misalnya anemia, kelainan usus, kelainan darah (leukimia) atau penyakit sistemik lainnya.

Umumnya Lamanya sariawan sekitar  7 – 14 hari dan bisa sembuh sendiri. Kebanyakan sariawan yang sering kambuh-kambuhan dan lama sembuhnya di akibatkan oleh faktor sistemik yaitu ada penyakit yang mendasari. Belum lagi jika ada alergi terhadap beberapa zat misalnya alergi pedas dan makanan tertentu yang bisa memicu sariawan.

Selain itu ada faktor lain yang bisa memicu sariawan misalnya ada luka tergigit di mukosa mulut, kekurangan vitamin C dan zat besi, stres dan depresi yang membuat mulut kering dan kondisi tubuh yang tidak prima.

Cara mengobatinya sesuai dengan penyebabnya. Misalnya ada penyakt yang mendasari maka penyakit tersebut harus disembuhkan terlebih dahulu.

Udah dulu ahhh…tidur dulu…

Makasih ya dear….udh nemenin ni malem…hehehe…

Salam hangat 🙂

Wassalammualaikum wr wb

Advertisements

Amarah dan Hinaan…??


kekerasan-pers

Assalammualaikum wr wb

Dear…sebelum tidur ngidam ngepost sesuatu,hehehe…

Aku jadi ingat kejadian tadi siang…saat seseorang mencaci maki, menghina dan berkata-kata kasar…. Mungkin begitu sakit hatinya seseorang tersebut hingga mengeluarkan kata-kata yang tidak sepantasnya…. Ini aku share cerita dari Andrie Wongso…simak ya…

Alkisah, ada seorang bernama Adiba. Setiap kali marah, ia akan pulang ke rumah untuk mengelilingi rumah dan tanah miliknya sebanyak tiga kali putaran. Seiringnya berjalannya waktu, rumah dan tanah Adiba semakin luas dan banyak. Namun kebiasaan lamanya ketika merasa marah tetap Adiba lakukan. Ia masih saja mengelilingi seluruh rumah dan tanah miliknya. Meski harus berkeringatan, Adiba tidak peduli.

Suatu hari, sang cucu bertanya kepada Adiba perihal kebiasaan si kakek yang dianggap agak aneh. “Ada apa sih, Kek, kok Kakek rela lari-lari begitu? Apa nggak capek, Kek?”

Adiba menjawab, “Kakek sudah jalanin kebiasaan ini sejak muda, Cu. Setiap kakek bertengkar dengan orang lain, berdebat, ataupun marah, kakek akan mengelilingi tanah dan rumah sendiri sebanyak tiga kali. Saat berlari, kakek berpikir dan bertanya pada diri sendiri, ’rumahku masih begitu kecil, tanah juga masih sedikit, bukankah aku seharusnya tak punya waktu untuk marah pada orang lain?’ Dengan memikirkan pertanyaan itu, rasa marah kakek jadi hilang. Jadi, kakek bisa punya waktu yang lebih banyak untuk bekerja dan belajar.”

”Oh, begitu. Terus, sekarang kan kakek sudah kaya, kok masih saja berlari-lari mengelilingi rumah?” lanjut si cucu. Dengan tersenyum, Adiba menjawab, “Karena kakek masih bisa mendapat manfaat yang sama. Selagi berlari, kakek sekarang berpikir, ’rumahku sudah begitu besar, tanah juga begitu banyak, mengapa mempersoalkan hal kecil itu dengan orang lain?’ Setelah itu, marah kakek akan hilang.”
***

Rasa marah sesungguhnya adalah perasaan yang wajar kita rasakan, tapi yang menjadikannya tidak wajar apabila amarah itu tetap terpendam di hati kita dan malah mempengaruhi suasana hati kita sepanjang hari dan akhirnya berimbas ke kinerja kita secara keseluruhan. Karena itu, sangat penting bagi kita untuk menemukan satu cara efektif yang mampu menghilangkan amarah ketika kita merasakannya.
Dan ini ada cerita berikutnya….simak ya..

 

Pada suatu hari yang cerah, seorang guru muda berjalan melintasi sebuah desa. Walaupun usianya baru menginjak dasawarsa ketiga, namun kepandaian dan kebijaksanaannya terkenal di seluruh penjuru negeri.

Tiba-tiba saja, langkahnya dihentikan oleh seorang pemuda yang bertubuh tinggi besar, beraut wajah merah, tampak marah dan tidak senang.

“Hei,” katanya kasar. “Anda itu tidak berhak mengajari orang lain..!”

Kemudian pemuda ini mulai berteriak menantang dan menghina guru muda ini. “Tahu tidak? Anda ini sama saja bodohnya dengan orang lain. Punya kepandaian sedikit saja, sok tahu! Badan begitu kecil nyalimu cukup besar ya. Ayoo…kalau berani kita berkelahi!”

Dengan wajah tenang, sambil tersenyum, sang guru muda malahan balik bertanya: “Teman. Jika kamu memberi hadiah untuk seseorang, tapi seseorang itu tidak mengambilnya, siapakah pemilik hadiah itu?”

Si pemuda terkejut, karena tiba-tiba diberi pertanyaan yang aneh. Spontan, ia menjawab lantang, “Pertanyaan bodoh! Tentu saja! Hadiah itu tetap menjadi milikku karena akulah yang memberikan hadiah itu.”

Guru muda ini tersenyum, lalu berkata, “Kamu benar. Kamu baru saja memberikan marah dan hinaan kepada saya dan saya tidak menerimanya, apalagi merasa terhina sama sekali. Maka kemarahan dan hinaan itu pun kembali kepadamu. Benar kan? Dan kamu menjadi satu-satunya orang yang tidak bahagia. Bukan saya. Karena sesungguhnya, melampiaskan emosi kemarahan adalah sebuah proses menyakiti diri sendiri. Membangkitkan sel-sel negatif di dalam diri.”

Pemuda itu terdiam, mencoba mencerna kata demi kata sang guru. Kepala dan hatinya seperti tersiram air dingin, ketika mendapat sebuah kesadaran baru.

Sang guru muda melanjutkan. “Jika kamu ingin berhenti menyakiti diri sendiri, singkirkan kemarahan dan ubahlah menjadi cinta kasih. Ketika kamu membenci orang lain, dirimu sendiri tidak bahagia bahkan tersakiti secara alami. Tetapi ketika kamu mencintai orang lain, semua orang menjadi bahagia.”

Netter yang bijaksana,
thanks for being my friends sweetie
Saat kemarahan sedang menghampiri kita, tunda sejenak! Jangan biarkan dia lepas tanpa kendali. Mengumbar kemarahan adalah pantulan ketidakbahagiaan.

Karenanya, mari kita belajar mengembangkan kebahagiaan setiap saat. Dengan berbahagia, maka tidak akan muncul kemarahan dan kebencian. Tanpa kemarahan dan kebencian, tidak ada proses menyakiti diri sendiri dan sesama.

Dear…rasa marah, kebencian itu hanya akan merusak hati dan pikiran saja… Mencaci maki orang lain tidak akan melegakan dan meredakan amarah…yang ada dosa semakin banyak, hati gelisah…. tetapi, beda lagi bagi orang yang terbiasa mencaci maki untuk meredakan amarahnya…. mungkin sikap negatif seperti itu dapat mengurangi amarahnya dan menimbulkan kepuasan hatinya…tetapi, yakinlah, kepuasan itu hanya bersifat sementara…

Bagi seorang muslim yang beragama kita bisa meredakan amarah dengan berwudhu dan berdzikir kepada Allah SWT, tidaklah Allah menyukai hambanya yang suka berkata keji…

Wallahu’alam

Semoga bisa meredakan hati yang dilanda amarah ya dear…dengan hal-hal yg positif…indahnya berbagi 🙂

 

Wassalam wr wb

Cintaku Pada-Mu semanis Coklat


Asslammualaikum wr wb

Seharian ini pas libur….satu hari libur serasa 1 minggu…berasa panjang kalo ga melakukan apa-apa…

Seharian ini kebanyakan mantengin laptop…dari cari laporan buat tugas sampe nonton video “geje” si Bunganisasi satabilisasi kemakmuran,wkwkwk…. Beda banget dengan minggu kemaren yang hampir dibuat gilak dengan jadwal dinas yang bikin emosi naik turun, tidur-makan awur2an ga jelas…tapi mau gimana ya, namanya juga mahasiswa…beginilah kalo lagi sibuk ngeluh…ga ngapa2ain juga ngeluh…-_-“

Besok udah masuk jadwal baru lagi…ruangan baru…atmosfir baru…teman baru…CI baru…kasus baru… weleh…weleh…Dengan  semangat yang baru juga,hehehe…

Dear… malam ini aku pengen coklaaaaatttt…..menghilangkan kepenatan yang ada… tapi coklat musuh utamaku, sekali makan ga bisa di “rem” hahahaha….dah takut liat timbangan…. jadi pengen tau historinya ni coklat…

Ni simak ceritanya ya….

chocolate

Kata coklat berasal dari xocoatl (bahasa suku Aztec) yang berarti minuman pahit. Suku Aztec dan Maya di Mexico percaya bahwa Dewa Pertanian telah mengirimkan coklat yang berasal dari surga kepada mereka. Cortes kemudian membawanya ke Spanyol antara tahun 1502-1528, dan oleh orang-orang Spanyol minuman pahit tersebut dicampur gula sehingga rasanya lebih enak. Coklat kemudian menyebar ke Perancis, Belanda dan Inggris. Pada tahun 1765 didirikan pabrik coklat di Massachusetts AS.

Dalam perkembangannya coklat tidak hanya menjadi minuman tetapi juga menjadi snack yang disukai anak-anak, remaja, maupun orang dewasa. Selain rasanya enak, coklat ternyata berkhasiat membuat umur seseorang menjadi lebih panjang. Suatu studi epidemiologis telah dilakukan pada mahasiswa Universitas Harvard yang terdaftar antara tahun 1916-1950. Dengan menggunakan food frequency questionnaire berhasil dikumpulkan informasi tentang kebiasaan makan permen atau coklat pada mahasiswa Universitas Harvard.

Dengan mengontrol aktivitas fisik yang dilakukan, kebiasaan merokok, dan kebiasaan makan ditemukan bahwa mereka yang suka makan permen/coklat umurnya lebih lama satu tahun dibandingkan bukan pemakan. Diduga antioksidan fenol yang terkandung dalam coklat adalah penyebab mengapa mereka bisa berusia lebih panjang. Fenol ini juga banyak ditemukan pada anggur merah yang sudah sangat dikenal sebagai minuman yang baik untuk kesehatan jantung. Coklat mempunyai kemampuan untuk menghambat oksidasi kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, sehingga dapat mencegah risiko penyakit jantung koroner dan kanker. Selama ini ada pandangan bahwa permen coklat menyebabkan caries pada gigi dan mungkin juga bertanggung jawab terhadap munculnya masalah kegemukan. Tak dapat disangkal lagi bahwa kegemukan adalah salah satu faktor risiko berbagai penyakit degeneratif. Tetapi studi di Universitas Harvard ini menunjukkan bahwa jika Anda mengimbangi konsumsi permen coklat dengan aktivitas fisik yang cukup dan makan dengan menu seimbang, maka dampak negatip permen coklat tidak perlu terlalu dikhawatirkan.

Menurut kepercayaan suku Maya, coklat adalah makanan para dewa. Rasa asli biji coklat sebenarnya pahit akibat kandungan alkaloid, tetapi setelah melalui rekayasa proses dapat dihasilkan coklat sebagai makanan yang disukai oleh siapapun. Biji coklat mengandung lemak 31%, karbohidrat 14% dan protein 9%. Protein coklat kaya akan asam amino triptofan, fenilalanin, dan tyrosin. Meski coklat mengandung lemak tinggi namun relatif tidak mudah tengik karena coklat juga mengandung polifenol (6%) yang berfungsi sebagai antioksidan pencegah ketengikan.

Di Amerika Serikat konsumsi coklat hanya memberikan kontribusi 1% terhadap intake lemak total sebagaimana dinyatakan oleh National Food Consumption Survey (1987-1998). Jumlah ini relatif sedikit khususnya bila dibandingkan dengan kontribusi daging (30%), serealia (22%), dan susu (20%). Lemak pada coklat, sering disebut cocoa butter, sebagian besar tersusun dari lemak jenuh (60%) khususnya stearat. Tetapi lemak coklat adalah lemak nabati yang sama sekali tidak mengandung kolesterol.

Dalam penelitian yang melibatkan subyek manusia, ditemukan bahwa konsumsi lemak coklat menghasilkan kolesterol total dan kolesterol LDL yang lebih rendah dibandingkan konsumsi mentega ataupun lemak sapi. Jadi meski sama-sama mengandung lemak jenuh tetapi ternyata efek kolesterol yang dihasilkan berbeda. Kandungan stearat yang tinggi pada coklat disinyalir menjadi penyebab mengapa lemak coklat tidak sejahat lemak hewan. Telah sejak lama diketahui bahwa stearat adalah asam lemak netral yang tidak akan memicu kolesterol darah. Mengapa? Stearat ternyata dicerna secara lambat oleh tubuh kita dan juga diabsorpsi lebih sedikit.

Sepertiga lemak yang terdapat dalam coklat adalah asam oleat yaitu asam lemak tak jenuh. Asam oleat ini juga dominan ditemukan pada minyak zaitun. Studi epidemiologis pada penduduk Mediterania yang banyak mengkonsumsi asam oleat dari minyak zaitun menyimpulkan efek positip oleat bagi kesehatan jantung. Sering timbul pertanyaan seberapa banyak kita boleh mengkonsusmi coklat? Tidak ada anjuran gizi yang pasti untuk ini, namun demikian makan coklat 2-3 kali seminggu atau minum susu coklat tiap hari kiranya masih dapat diterima. Prinsip gizi sebenarnya mudah yaitu makanlah segala jenis makanan secara moderat. Masalah gizi umumnya timbul bila kita makan terlalu banyak atau terlalu sedikit. Makan coklat tidak akan menimbulkan kecanduan, tetapi bagi sebagian orang rasa coklat yang enak mungkin menyebabkan kerinduan untuk mengkonsumsinya kembali. Ini yang disebut chocolate craving. Dampak coklat terhadap perilaku dan suasana hati (mood) terkait erat dengan chocolate craving. Rindu coklat bisa karena aromanya, teksturnya, manis-pahitnya dsb. Hal ini juga sering dikaitkan dengan kandungan phenylethylamine yang adalah suatu substansi mirip amphetanine yang dapat meningkatkan serapan triptofan ke dalam otak yang kemudian pada gilirannya menghasilkan dopamine. Dampak dopamine adalah muncul perasaan senang dan perbaikan suasana hati. Phenylethylamine juga dianggap mempunyai khasiat aphrodisiac yang memunculkan perasaan seperti orang sedang jatuh cinta (hati berbunga). Konon Raja Montezuma di jaman dahulu selalu mabuk minuman coklat sebelum menggilir harem-haremnya yang berbeda setiap malam.

Katekin adalah antioksidan kuat yang terkandung dalam coklat. Salah satu fungsi antioksidan adalah mencegah penuaan dini yang bisa terjadi karena polusi ataupun radiasi. Katekin juga dijumpai pada teh meski jumlahnya tidak setinggi pada coklat. Orang tua jaman dahulu sering mempraktekkan cuci muka dengan air teh karena dapat membuat kulit muka bercahaya dan awet muda. Seandainya mereka tahu bahwa coklat mengandung katekin lebih tinggi daripada teh, mungkin mereka akan menganjurkan mandi lulur dengan coklat.  Coklat juga mengandung theobromine dan kafein. Kedua substansi ini telah dikenal memberikan efek terjaga bagi yang mengkonsumsinya. Oleh karena itu ketika kita terkantuk-kantuk di bandara atau menunggu antrian panjang, makan coklat cukup manjur untuk membuat kita bergairah kembali.

KANDUNGAN GIZI COKLAT PER 100 GRAM
Energi (Kal) 381504 Protein (g) 95,5 Lemak (g) 35,952,9 Kalsium (mg) 20098 Fosfor
(mg) 200446 Vit A (SI) 3060

Belum ada bukti bahwa coklat menimbulkan jerawat. Coklat juga tidak bisa dikatakan sebagai penyebab utama munculnya plaque gigi karena plaque gigi juga bisa timbul pada orang yang mengkonsumsi makanan biasa sehari-hari. Hanya saja coklat perlu diwaspadai, khususnya bagi orang-orang yang rentan menderita batu ginjal. Konsumsi 100 g coklat akan meningkatkan ekskresi oksalat dan kalsium tiga kali lipat. Oleh karena itu kiat sehat yang bisa dianjurkan adalah minumlah banyak air sehabis makan coklat.

Ya intinya kita tidak boleh makan secara berlebihan sekalipun sangaaaaat suka,hehehe….segala sesuatu yang sifatnya berlebihan itu Allah swt ga suka… Berlebih-lebihan dalam segala sesuatu adalah tercela dan dilarang. Apalagi dalam masalah makanan dan minuman.

Allah berfirman:

( وَكُلُوا وَاشْرَبُوا وَلا تُسْرِفُوا إِنَّهُ لا يُحِبُّ الْمُسْرِفِينَ ) سورة الأعراف: 31

“Makan dan minumlah dan jangan berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebihan.” (QS.Al-A’raf:31)

Nabi sallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda:

مَا مَلأَ آدَمِيٌّ وِعَاءً شَرًّا مِنْ بَطْنٍ ، بِحَسْبِ ابْنِ آدَمَ لُقَيْمَات يُقِمْنَ صُلْبَهُ ، فَإِنْ كَانَ لا مَحَالَةَ ، فَثُلُثٌ لِطَعَامِهِ ، وَثُلُثٌ لِشَرَابِهِ ، وَثُلُثٌ لِنَفَسِهِ (رواه الترمذي، رقم 2380، وابن ماجه، رقم 3349، وصححه الألباني في صحيح الترمذي، رقم 1939)

“Tidak ada wadah yang dipenuhi anak Adam yang lebih buruk dari perutnya. Cukuplah anak Adam mengkonsumsi beberapa suap makanan untuk menguatkan tulang rusuknya. Kalau memang tidak  ada jalan lain (memakan lebih banyak), maka berikan sepertiga untuk (tempat) makanan, sepertiga untuk (tempat) minuman dan sepertiga untuk (tempat) nafasnya.” (HR. Tirmizi, no. 2380, Ibnu Majah, no. 3349, dishahihkan oleh Al-Albany dalam kitab shahih Tirmizi, no. 1939)

Berlebih-lebihan dalam makanan dan minuman menganudung banyak keburukan,Di antaranya, setiap kali manusia menikmati kebaikan-kebaikan di dunia, maka bagiannya di akhirat akan berkurang.

Diriwayatkan oleh Hakim dari Abu Juhaifahradhiallahu ’anhu, dia berkata: Rasulullah sallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ شِبَعًا فِي الدُّنْيَا أَكْثَرُهُمْ جُوعًا يَوْمَ الْقِيَامَةِ

“Sesungguhnya orang yang paling banyak kenyang di dunia, mereka adalah orang yang paling  lapar di hari kiamat”. (Diriwayatkan oleh Ibnu Abu Dunya,  dengan tambahan tambahan: Maka Abu Juhaifah tidak pernah makan memenuhi perutnya (kekenyangan) sampai meninggal dunia. Dishahihkan oleh Al-Albany dalam kitab As-Silasilah As-Shahihah, no 342)

Umar radhiallahu ’anhu berkata: “Demi Allah, kalau saya mau, saya yang akan memakai pakaian yang paling lembut dan makanan yang paling enak serta kehidupan yang paling bergengsi. Akan tetapi saya mendengar Allah Azza Wa Jalla mengazab suatu kaum karena melakukan suatu perkara, sebagaimana Allah berfirman:

( أَذْهَبْتُمْ طَيِّبَاتِكُمْ فِي حَيَاتِكُمُ الدُّنْيَا وَاسْتَمْتَعْتُمْ بِهَا فَالْيَوْمَ تُجْزَوْنَ عَذَابَ الْهُونِ بِمَا كُنْتُمْ تَسْتَكْبِرُونَ فِي الأَرْضِ بِغَيْرِ الْحَقِّ وَبِمَا كُنْتُمْ تَفْسُقُونَ) سورة الأحقاف: 20 ، حلية الأولياء، 1/49

“Kamu telah menghabiskan rezkimu yang baik dalam kehidupan duniawimu (saja) dan kamu telah bersenang-senang dengannya; maka pada hari ini kamu dibalasi dengan azab yang menghinakan karena kamu telah menyombongkan diri di muka bumi tanpa hak dan karena kamu telah fasik.” (QS. Al-Ahqaf: 20) Hilyatul Aulya, 1/49.

Keburukan berikutnya, hal itu akan menyibukkan seseorang dari melakukan ketaatan seperti  membaca Al-Qur’an Al-Karim, padahal  membaca Al-Quran yang selayaknya yang menjadi kesibukan seorang muslim di bulan yang mulia ini sebagaimana kebiasaan kaum salaf (orang saleh zaman dahulu). Maka akan anda dapatkan seorang wanita menghabiskan waktu siang hari untuk mempersiapkan makanan, dan menghabiskan malam hari untuk mempersiapkan kue-kue dan minuman.Keburukan lainnya, jika seseorang kebanyakan makan, maka akan malas dan banyak tidur sehingga banyak kehilangan waktunya.

Sufyan Ats-Tsauri rahimahullah berkata: “Kalau anda ingin badan sehat dan tidur sedikit, maka sedikitkan makanan anda.”

Wallahu’alam

Udah ya dear….cerita-cerita kita malam ini, semoga bisa saling melengkapi….

Salam manis…Wassalam wr wb

 

DUREEEEEEEEEEEN!!!


Assalammualaikum dear…

lama tak bersuaaaa…ehehehe

Dikampung halamanku lagi musim durian dear…kayaknya pengen pulang dan menikmati sepuas-puasnya buah yang satu ini…

Gambar

ahh rugilah yang ga suka buah duren yang nikmaaaaaaat banget….

selain suka dan ngefans banget ma buah yang berduri ini, sebaiknya kita juga harus tau fakta mengenai buah berduri ini…

Durian yang bernama latin Durio Zibethinus merupakan buah berduri yang memiliki bau yang sangat menyengat. Beberapa orang sangat menggemari durian tapi ada pula sebagian orang yang sangat anti dengan buah berduri ini. Durian merupakan buah berkulit biji tebal, bertekstur lembut, dan manis yang ternyata memiliki kandungan-kandungan yang baik untuk tubuh .

Akan tetapi tahukah kamu ternyata durian sendiri punya 10 fakta kesehatan yang tentunya sangat menarik. Penasaran ? lihat saja 10 fakta kesehatan tentang durian dibawah ini.

1. Durian Tinggi Kalori ?
Banyak yang beranggapan kalau buah durian tinggi akan kalori, akan tetapi durian hanya memiliki 50kcal saja.

2. Durian Tinggi Kolesterol?
Kolesterol tidak ada pada buah atau sayuran apapun. Kolesterol hanya terdapat pada produk hewani, bukan nabati.

3. Nilai Nutrisi yang sedikit ?
Buah durian sebenarnya kaya dengan vitamin dan nutrisi, seperti penangkal antioksidan yaitu vitamin C, B kompleks untuk persendian, dan pottasium untuk stamina. Durian juga mengandung dengan Kalsium dan Phosporus

4. Lemak
satu biji durian menghasilkan 1-2 g saja lemak nabati

5. Tinggi gula ?
perbiji durian (satu ulas) mengandung 10g gula. Ini cukup rendah dari pada anda mengkonsumsi minuman ringan kalengan

6. Memanaskan Badan ?
Durian dapat memanaskan badan anda, jadi bagi yang mempunyai darah tinggi atau kolesterol kurangi memakan durian secara berlebihan 

7. Tingkatkan Nafsu Sex ?
Karena dapat memanaskan badan pada fakta diatas, berakibat pula kepada tingkat libido yang meningkat seiring dengan peredaran darah yang semakin cepat.

8. Durian tidak dibolehkan bagi penderita kolesterol ?
Memang betul demikian, akan tetapi bukan hanya durian saja, makanan yang mengandung gula berlebih memang tidak diperuntukkan oleh orang penderita diabetes dan kencing manis

9. Menghilangkan Stres?
Buah durian mengandung salah satu jenis Amino asid, trypthopan yang berguna untuk meningkatkan hormon serotonin (semacam hormon pembawa rasa kantuk) 

10. Tidak dianjurkan makan berlebihan ?
Memang memakan buah ini terlalu banyak pun dapat merusak kesehatan apalagi bagi penderita penyakit diatas. 2 sampai 3 potong rasanya sudah cukup untuk menikmati buah yang enak ini. Sumber: http://www.kaskus.co.id/thread/50b7560d2d75b40136000049/10-fakta-kesehatan-tentang-durian/1 (itu tidak benar..wkwkwk…2 sampe 3 buah baru pemanasan gan) ahahaha.

Nah kaaaaaannn…ihihihi…buat yang masih ga suka durian..coba deh 2-3 biji, pasti ketagihan…enak bangeeeet 😦 duh jadi ngiler 😦 pengenn woiiiii :((

Durian disini Mahal2 😦 ga ngerti bgt keadaan mahasiswa,ckckckc….:((

Oh iya, selain makanan ini enak langsung dimakan, ada berbagai macam olahan dari buah yang satu ini seperti dodol durian, kripik durian, cake, roti, dan lain-lain. Tapi dear, ada satu olahan dari durian ini yang enaaaaak banget, kalau dikampung halamanku durian ini bisa diolah menjadi TEMPOYAK…wah, pasti kamu tau kan dear???hehehe…

Kuliner ini biasa dimakan beserta dengan nasi dan lauk pauk ayam. Tempoyak haruslah dibuat dari daging durian yang matang dan garing. Daging buah durian ini kemudian dilembutkan dengan tangan, dicampur dengan sedikit garam, lalu disimpan dalam toples tertutup rapat. Daging tersebut dicampur dengan cabe rawit untuk mempercepat proses fermentasi. Tempoyak merupakan makanan khas rumpun bangsa Melayu. Dibuat sambal juga enak dear…nyam nyam…jadi laper lagi 😀

Gambar

Ini enak bangeeeeeet…..tapi kalo makan ini enaknya sama nasi putih anget2…

Sayang bgt aku sekarang alergi udang 😦 dan ga suka pete :-p, tapi kalo dulu mama yang masakin ga alergi tuh :-p hehehe…

pengeeeeeeeeeen…..oh ya dear ini ada resep cara bikinnya 🙂 kalo dari mamah ku ya,hehe..

Cara Membuat Tempoyak :

  • Ambil daging buah durian, masukan ke dalam guci atau stoples sembari bubuhi garam secukupnya,lalu ditutup rapat letakkan cabe merah 1 buah diatasnya.
  • Setelah sekitar Satu Minggu, buka dan diaduk rata, tempoyak siap digunakan.
  • Resep Sambal Tempoyak Cara memasak atau mengolah Tempoyak


Bahan dan bumbu :

  1. 4 siung Bawang merah (haluskan)
  2. 2 siung Bawang putih (haluskan)
  3. Tempoyak durian,secukupnya
  4. 3 buah Cabe merah besar (haluskan)
  5. Cabe rawit,sesuai selera (haluskan)
  6. Santan kental kara 1 buah/ santan dari 1 buah kelapa
  7. Sereh
  8. Udang sesuai selera
  9. Pete sesuai selera
  10. Gula pasir,secukupnya
  11. Minyak goreng secukupnya

 

Cara Membuat Sambal Tempoyak :

  • Tumis bumbu halus + sereh sampai harum.
  • Tambahkan santan kental aduk sampai mendidih
  • Tambahkan udang masak hingga setengah matang
  • Tambahkan Tempoyak (seperlunya) tambahkan sedikit gula sebagai pengganti penyedap rasa 
  • Terakhir masukkan pete yang sudah dikupas secukupnya
  • Tumis sebentar(sekitar 2-3 menit). Angkat, sajikan hangat – hangat atau panas.

Yaaaah itu dia resepnya…hihihi…dijamin enak kok :-p

Udah ahhh tambah laper jadinya…

Wassalam 😦