DUREEEEEEEEEEEN!!!


Assalammualaikum dear…

lama tak bersuaaaa…ehehehe

Dikampung halamanku lagi musim durian dear…kayaknya pengen pulang dan menikmati sepuas-puasnya buah yang satu ini…

Gambar

ahh rugilah yang ga suka buah duren yang nikmaaaaaaat banget….

selain suka dan ngefans banget ma buah yang berduri ini, sebaiknya kita juga harus tau fakta mengenai buah berduri ini…

Durian yang bernama latin Durio Zibethinus merupakan buah berduri yang memiliki bau yang sangat menyengat. Beberapa orang sangat menggemari durian tapi ada pula sebagian orang yang sangat anti dengan buah berduri ini. Durian merupakan buah berkulit biji tebal, bertekstur lembut, dan manis yang ternyata memiliki kandungan-kandungan yang baik untuk tubuh .

Akan tetapi tahukah kamu ternyata durian sendiri punya 10 fakta kesehatan yang tentunya sangat menarik. Penasaran ? lihat saja 10 fakta kesehatan tentang durian dibawah ini.

1. Durian Tinggi Kalori ?
Banyak yang beranggapan kalau buah durian tinggi akan kalori, akan tetapi durian hanya memiliki 50kcal saja.

2. Durian Tinggi Kolesterol?
Kolesterol tidak ada pada buah atau sayuran apapun. Kolesterol hanya terdapat pada produk hewani, bukan nabati.

3. Nilai Nutrisi yang sedikit ?
Buah durian sebenarnya kaya dengan vitamin dan nutrisi, seperti penangkal antioksidan yaitu vitamin C, B kompleks untuk persendian, dan pottasium untuk stamina. Durian juga mengandung dengan Kalsium dan Phosporus

4. Lemak
satu biji durian menghasilkan 1-2 g saja lemak nabati

5. Tinggi gula ?
perbiji durian (satu ulas) mengandung 10g gula. Ini cukup rendah dari pada anda mengkonsumsi minuman ringan kalengan

6. Memanaskan Badan ?
Durian dapat memanaskan badan anda, jadi bagi yang mempunyai darah tinggi atau kolesterol kurangi memakan durian secara berlebihan 

7. Tingkatkan Nafsu Sex ?
Karena dapat memanaskan badan pada fakta diatas, berakibat pula kepada tingkat libido yang meningkat seiring dengan peredaran darah yang semakin cepat.

8. Durian tidak dibolehkan bagi penderita kolesterol ?
Memang betul demikian, akan tetapi bukan hanya durian saja, makanan yang mengandung gula berlebih memang tidak diperuntukkan oleh orang penderita diabetes dan kencing manis

9. Menghilangkan Stres?
Buah durian mengandung salah satu jenis Amino asid, trypthopan yang berguna untuk meningkatkan hormon serotonin (semacam hormon pembawa rasa kantuk) 

10. Tidak dianjurkan makan berlebihan ?
Memang memakan buah ini terlalu banyak pun dapat merusak kesehatan apalagi bagi penderita penyakit diatas. 2 sampai 3 potong rasanya sudah cukup untuk menikmati buah yang enak ini. Sumber: http://www.kaskus.co.id/thread/50b7560d2d75b40136000049/10-fakta-kesehatan-tentang-durian/1 (itu tidak benar..wkwkwk…2 sampe 3 buah baru pemanasan gan) ahahaha.

Nah kaaaaaannn…ihihihi…buat yang masih ga suka durian..coba deh 2-3 biji, pasti ketagihan…enak bangeeeet😦 duh jadi ngiler😦 pengenn woiiiii :((

Durian disini Mahal2😦 ga ngerti bgt keadaan mahasiswa,ckckckc….:((

Oh iya, selain makanan ini enak langsung dimakan, ada berbagai macam olahan dari buah yang satu ini seperti dodol durian, kripik durian, cake, roti, dan lain-lain. Tapi dear, ada satu olahan dari durian ini yang enaaaaak banget, kalau dikampung halamanku durian ini bisa diolah menjadi TEMPOYAK…wah, pasti kamu tau kan dear???hehehe…

Kuliner ini biasa dimakan beserta dengan nasi dan lauk pauk ayam. Tempoyak haruslah dibuat dari daging durian yang matang dan garing. Daging buah durian ini kemudian dilembutkan dengan tangan, dicampur dengan sedikit garam, lalu disimpan dalam toples tertutup rapat. Daging tersebut dicampur dengan cabe rawit untuk mempercepat proses fermentasi. Tempoyak merupakan makanan khas rumpun bangsa Melayu. Dibuat sambal juga enak dear…nyam nyam…jadi laper lagi😀

Gambar

Ini enak bangeeeeeet…..tapi kalo makan ini enaknya sama nasi putih anget2…

Sayang bgt aku sekarang alergi udang😦 dan ga suka pete :-p, tapi kalo dulu mama yang masakin ga alergi tuh :-p hehehe…

pengeeeeeeeeeen…..oh ya dear ini ada resep cara bikinnya🙂 kalo dari mamah ku ya,hehe..

Cara Membuat Tempoyak :

  • Ambil daging buah durian, masukan ke dalam guci atau stoples sembari bubuhi garam secukupnya,lalu ditutup rapat letakkan cabe merah 1 buah diatasnya.
  • Setelah sekitar Satu Minggu, buka dan diaduk rata, tempoyak siap digunakan.
  • Resep Sambal Tempoyak Cara memasak atau mengolah Tempoyak


Bahan dan bumbu :

  1. 4 siung Bawang merah (haluskan)
  2. 2 siung Bawang putih (haluskan)
  3. Tempoyak durian,secukupnya
  4. 3 buah Cabe merah besar (haluskan)
  5. Cabe rawit,sesuai selera (haluskan)
  6. Santan kental kara 1 buah/ santan dari 1 buah kelapa
  7. Sereh
  8. Udang sesuai selera
  9. Pete sesuai selera
  10. Gula pasir,secukupnya
  11. Minyak goreng secukupnya

 

Cara Membuat Sambal Tempoyak :

  • Tumis bumbu halus + sereh sampai harum.
  • Tambahkan santan kental aduk sampai mendidih
  • Tambahkan udang masak hingga setengah matang
  • Tambahkan Tempoyak (seperlunya) tambahkan sedikit gula sebagai pengganti penyedap rasa 
  • Terakhir masukkan pete yang sudah dikupas secukupnya
  • Tumis sebentar(sekitar 2-3 menit). Angkat, sajikan hangat – hangat atau panas.

Yaaaah itu dia resepnya…hihihi…dijamin enak kok :-p

Udah ahhh tambah laper jadinya…

Wassalam😦

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s