Senggol dikit “Joss” perihnya…


Assalammualaikum wr wb

Malem dear….

Udah beberapa hari ini makan terganggu dan jadi males ngomong…hiks hiks…

Bukan karena patah hati ato ditinggal pergi (#hadeeh…) wkwkwk….tapi lebih menyakitkan dari itu. Kesenggol dikit hadooooh rasanya pengen “bunuh”  orang, bukan hiperbola…tapi sangking perih dan sakitnya…😦 ni sariawan ga sembuh-sembuh udah 4 hari masih subur2 aja, padahal udah di paksa makan sambel sama minum vit.c, dilihat2 kok jadi lebih melebar beberapa milimeter dari awal yang hanya seukuran ujung pena. Mau diliatin ke dokter yang jaga tadi pagi agaknya malu…hehe…

Malem-malem jalan ke indomaret beli albothyl untung indomaret cuma sejengkal dari kosan. Abis beli ni obat kok ragu ya makenya, kalo  di RS ada pasien yang sariawan paling semangat ngolesin ni obat dan kasih motivasi kalo perihnya sesaat doank, eh pas giliran diri sendiri mau nyobain… Malah parno sendiri antara niat sama enggak,wkwkwkw…

Dengan motivasi pengen sembuh supaya bebas makan sambel hehe, akhirnya diolesin juga ni obat dan rasanya😦 senggol titik jossss!!!! perihnyaaaaaa…. alhasil sariawan pun yang udah warnanya putih bertambah putihlah doi…diemin kira2 30 menit, dilihat2 doi masih tetep sama pas disenggol2 udah ga perih lagi😀 senangnya, hihihi.. tau begini pake ini obat aja dari awal, wkwkwk….tapi ulkus nya masih ada, mudah2an ilang beberapa hari kedepan….

Beginilah dear kalo mengabaikan hal yang kecil, asupan vit. c untuk tubuh sangat penting, karena vitamin tidak dihasilkan dari tubuh tetapi diperoleh dari asupan makanan seperti sayur2an dan buah-buahan…

Yuk intip dikit tentang sariawan…

Sariawan (istilah medisnya stomatitis aphtosa)merupakan penyakit pada selaput lendir mulut berupa luka pada mulut yang berbentuk bercak berwarna putih kekuningan  dengan tekstur permukaan agak cekung. Penyakit ini paling sering ditemukan dari berbagai penyakit mulut dan menimbulkan rasa nyeri yang sangat.

Penyebab sariawan pendapat terkuat adalah autoimun karena dua faktor utama

1. Faktor Lokal

Misalnya kebersihan mulut, adanya tambalan gigi yang tajam, ada sisa akar gigi, penggunaan kawat gigi maupun penggunaan gigi palsu yang kurang baik.

2. Faktor Sistemik

Misalnya kesehatan tubuh secara umum yaitu ada penyakit yang menadasari misalnya anemia, kelainan usus, kelainan darah (leukimia) atau penyakit sistemik lainnya.

Umumnya Lamanya sariawan sekitar  7 – 14 hari dan bisa sembuh sendiri. Kebanyakan sariawan yang sering kambuh-kambuhan dan lama sembuhnya di akibatkan oleh faktor sistemik yaitu ada penyakit yang mendasari. Belum lagi jika ada alergi terhadap beberapa zat misalnya alergi pedas dan makanan tertentu yang bisa memicu sariawan.

Selain itu ada faktor lain yang bisa memicu sariawan misalnya ada luka tergigit di mukosa mulut, kekurangan vitamin C dan zat besi, stres dan depresi yang membuat mulut kering dan kondisi tubuh yang tidak prima.

Cara mengobatinya sesuai dengan penyebabnya. Misalnya ada penyakt yang mendasari maka penyakit tersebut harus disembuhkan terlebih dahulu.

Udah dulu ahhh…tidur dulu…

Makasih ya dear….udh nemenin ni malem…hehehe…

Salam hangat🙂

Wassalammualaikum wr wb

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s